Thursday 7 February 2013

Republik Kosan ^^

Mungkin dari beberapa teman-teman semua agak terasa asing ya bila mendengar istilah Republik Kosan. Saya juga baru mendengar istilah itu setelah melihat foto yang di posting oleh teman saya di sebuah jejaring sosial. Karena topiknya juga menarik, saya mencoba untuk menanyakan hal tersebut kepada yang bersangkutan, kalau saya tidak salah namanya itu kang Salamun. Beliau juga pernah tinggal di kosan tersebut selama menempuh perkuliahan di UPI.
Bila mendengar istilah Republik, pasti yang terlintas adalah adanya seorang Presiden yang memimpin. Begitu juga dengan Republik Kosan yang memiliki seorang Presiden di dalam kosan tersebut yang bertindak sebagai pimpinan layaknya seorang Presiden yang memimin suatu negara. Menurut pemaparan beliau, Republik Kosan ini sudah berjalan dalam dua periode dengan Presiden pertamanya yaitu kang Teguh Bayu Aji. Sistem pemilihan siapa yang akan menjadi Presiden berikutnya cukup sederhana, dimana pergantiannya bila Presiden akan segera berakhir masa perkuliahannya atau sudah lulus. Sedangkan untuk cara pemilihannya cukup menunjuk salah satu dari warga atau penghuni di kosan tersebut yang sedang menjalankan perkuliahan di bawah Presiden yang sebelumnya menjabat. Setiap ada penunjukkan calon Presiden, salah satu diantara mereka harus mau dan biasanya memang mau menjadi Presiden berikutnya. Pada dasarnya setiap manusia itu terlahir untuk menjadi pemimpin, pemimpin untuk dirinya sendiri.
Demikianlah obrolan singkat saya dengan beliau terkait Republik Kosan yang dianut dalam kosan yang pernah beliau tempati. Mungkin dapat menjadi suatu inspirasi baru bagi teman-teman semua yang ingin mencoba sesuatu yang belum pernah ada atau mungkin punya inovasi lain yang dapat menginspirasi yang lainnya. :)
Republik Kosan '10
Mungkin ada orang yang teman-teman kenal sebelumnya, karena beberapa diantaranya memang aktifis di kampusnya baik itu pengurus BEM, pengurus Pramuka, atau bahkan teman sekolah. Terima kasih telah mengizinkan saya untuk membagi sedikit informasi kepada teman-teman yang lainnya. Merci beaucoup \(^o^)/

8 comments:

  1. sekalian buatin mentri, anggota DPR/MPR/DPRD, walikota/bupati, RT/RW, Lurah, camat dll utuk republik kosan hehe Nice post mbak,:D

    klo ada waktu jalan-jalan ke gubuk saya yah hehe

    Kumpulan Tutorial SEO Blog | Game | Software Full Version | Berita dan Artikel Menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menterinya sudah ada mas. bisa di baca di postingan saya berikutnya mengenai republik kosan part 2. untuk seperangkat pemerintahan yang lainnya di tampung dulu sarannya. hehe. makasih mas komenarnya ^_^.

      iya, mas. nanti saya berkunjung kesana :)

      Delete
  2. Replies
    1. memang seru mba. saya sendiri pernah mampir kesana dan suasanya memang friendly and warm :)

      Delete
  3. kocak ya kosan punya presdiennya, gimana gajinya tuh wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaji ya?? sepertinya sukarela om. nanti coba saya tanyakan kepada yang pernah menjabat sebagai presiden di kosan '10 :)

      Delete
  4. itu presidennya tugasnya ngapain aja ya?
    haha

    mampir ke blog gua juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tugas presiden di sini hampir sam seperti layaknya seorang presiden kak. kakak bisa baca lanjutannya di Republik kosan part 2.

      iya, kakak. nanti saya sempatkan untuk mampir ke blog kakak :)

      Delete