Wednesday 30 January 2013

Musim Hujan Telah Tiba Dan Banjir Melanda


Bandung- 30/01/2013 wilayah kota Bandung diguyur hujan deras disertai angin kencang. Ini sepenggal kisah saya saat pulang dari kampus sore hari tadi. Sekitar pukul 15.00 WIB, pembekalan PPL bagi mahasiswa PGSD dan PGPAUD Kampus Cibiru Universitas Pendidikan Indonesia telah selesai. Saya bersama teman-teman yang lainnya bergegas pulang karena hujan sudah mulai turun yang disertai angin kencang. Sepanjang perjalanan pulang, saya melihat genangan air di sekitar perempatan gedebage yang menyebabkan kemacetan panjang. Hujan yang turunpun semakin deras.
Ketika saya turun dari bis kota di kawasan cigereleng, air yang mengalir disekitar tempat itu begitu deras, berwarna hitam dan sangat bau. Derasnya air yang mengalir menyebabkan ada satu pengendara motor yang terjatuh. Beberapa anak-anak kecil berbondong-bondong datang membantu pengendara motor tersebut. Tidak sedikit anak-anak kecil yang bermain di tepian jalan ataupun trotoar yang tergenang air banjir. Nampaknya anak-anak itu senang dapat bermain air tanpa menyadari bahaya mereka akan terserempet motor ataupun mobil yang melintas di sepanjang jalan Moh. Toha. Selain itu juga dampak dari air banjir itu sendiri yang berwarna hitam dan berbau yang mengandung banyak bakteri pembawa penyakit. Betapa miris ketika saya melihat kondisi tersebut yang kerap terjadi selama musim hujan tiba.
Seraya menunggu angkot, saya mengambil beberapa foto yang merekam kondisi banjir saat itu dan tampak juga pengendara sepeda motor yang mendorong kendaraannya tersebut karena mogok.
Musim hujan tiba dan banjirpun melanda. Mungkin ungkapan itu yang dapat saya utarakan berdasarkan pengalaman saya selama tinggal di kota kembang ini yang kerap dilanda banjir ketika musim penghujan. Karena rumah uwa saya sendiri sempat terkena banjir pada akhir tahun 2012 lalu. Mungkin itu cerita yang dapat saya bagikan ^o^. Mari kita jaga bumi ini dengan mulai dari hal-hal kecil, seperti  tidak membuang sampah di selokan ataupun sungai, menebang pohon di sekitar hulu sungai yang menjadi daerah serapan air hujan serta menanam pohon-pohon di sekitar rumah sendiri sebagai bentuk penghijauan. :)
 

2 comments:

  1. suka deh teh sama foto-fotonya :D
    fotonya itu deskriptif :)

    ReplyDelete
  2. maksih.. makasih :D
    kebetulan saja sedang menunggu angkot dan ada kamera, langsung foto saja. tunggu lanjutannya :D

    ReplyDelete