Tuesday 19 February 2013

HASDUK BERPOLA : Pengalaman Pertama Melatih Pramuka



Dua tahun yang lalu aku dinyatakan lulus dalam kegiatan KMD (Kursus Mahir Dasar) yang dilaksanakan di kampusku. Kegiatan itu peruntukkan bagi mahasiswa yang nantinya akan menjadi pembina Pramuka di gugus depannya masing-masing setelah lulus kuliah ataupun para guru yang akan menjadi pembina Pramuka. Salah satu kegiatan yang harus dilakukan setelah KMD adalah rencana tindak lanjut selama 6 bulan di gugus depan untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama KMD. Saat itu aku kebingungan harus melaksanakan rencana tindak lanjut itu di gugus depan yang mana?? Tak berselang lama, kakak tingkatku menawarkan kepadaku untuk menggantikannya melatih Pramuka di pangkalan SMP Laboratorium School UPI Kampus Cibiru. Tawaran itu tidak aku lewatkan sedikitpun. Aku langsung menerimanya. Bagiku ini merupakan sebuah tantangan yang harus aku coba, karena ini pengalaman pertamaku melatih Pramuka.
Di hari pertama melatih, aku sempat dibuat kesal oleh kelakuan murid-murid yang tidak mau menuruti apa yang aku katakan. Mungkin ini permualaan. Akupun mengganti cara pendekatannya supaya mereka lebih nyaman saat berlatih Pramuka. Karena dalam Pramuka sendiri tidak ada kata terpaksa, jadi harus sukarela dan senang hati. Persis seperti yang aku lalukan saat itu. Lambat laun, aku mulai dekat dan menjalin komunikasi yang baik dengan mereka. Saya pikir, melatih Pramuka disini hanya sebagai pengganti saja, ternyata berlansung selama satu tahun. Alhamdulillah banyak pengalaman yang aku dapatkan. Selain megaplikasikan pengetahuan kepramukaan kepada murid-murid, saya juga dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat selama perkuliahan.
Selama setahun melatih Pramuka disana, aku tidak sendirian. Tetapi bersama dengan ketiga temanku. Kami berhasil menjalankan program ujian kenaikan tingkat bagi mereka. Hasil latihan selama setahun diakhiri dengan perkemahan pelantikan penggalang ramu. Hanya beberapa orang murid saja yang tidak dilantik. Hal itu karena mereka belum meyelesaikan penempuhan SKU (Syarat Kecakapan Umum) Ramu.
Setahun itu begitu cepat berlalu. Kini aku sudah tidak melatih lagi disana. Namun hubunganku sebagai pelatih mereka dahulu masih tetap terjaga. Itulah sepenggal kisah tentang pengalamanku di Pramuka :)
Foto bersama murid-murid setelah pelantikan penggalang ramu

2 comments:

  1. sekarang diturunkan ke siapa teteh ngelatihnya?
    rame lah, ingin ngikutin :)

    ReplyDelete
  2. tadinya mah mau ke KDR yang baru, teh mila murni. tapi setelah teh mila konfirmasi ke sekolah, ternyata pelatihnya sudah digantikan dan bukan lagi dari UPI, tapi dari UNINUS. itu kebijakan sekolah. anak-anak awalnya sempat mengeluh karena perbedaan cara melatihnya :)
    kamu ikut KMD ngga thn ini?

    ReplyDelete