Sunday 12 May 2013

KKN 2012 | 40 Hari Terdampar Di Negeri Orang



Banyak yang bilang kalau KKN (Kuliah Kerja Nyata) itu seperti liburan 2 sks. Mungkin itu yang mereka rasakan. Karena meraka yang notabene asli orang bandung seperti mendapat liburan yang jarang sekali di dapat. Bagi mahasiswa yang berasal dari luar bandung mungkin menyebutnya sudah terbiasa. Karena kita terbiasa jauh dari daerah asal. Tidak serta merta juga mereka menyebutnya seperti berlibur. Tapi mereka pun mengabdikan ilmu yang di peroleh selama 6 semester di bangku kuliah kepada masyarakat yang ada di wilayah tersebut.

Seperti halnya yang saya rasakan selama KKN beberapa waktu lalu, dimana banyak sekali hal-hal menarik yang saya dan teman-teman sekelompok peroleh selama berada di Desa Cipareuan Kecamatan Cibiuk. Untuk itu mari saya perkenalkan dengan teman-teman kelompok KKN saya.

Ini dia ketua kelompoknya, Sandry Adhitya. Satu-satunya lelaki yang ada di kelompok. Maaf ya kalo kita sering bikin kamu sibuk? Mulai dari mancing air kalau belum ngalir. Biasanya sih tengah malem mancing airnya. Pernah nih pas sandry lagi pulang ke cikancung dan bilang mau nginep, kita langsung kelabakan. Karena ngga ada laki-laki yang jagain kita. Apalagi sebelumnya posko kita di ganggu sama pemuda di sekitar posko yang bikin kita ketakutan. At least, kta telepon temen-temen dari posko terdekat yang memiliki anggota laki-laki lebih dari satu orang.


 Next, saya perkenalkan kakak-kakak dari Kaimana. Yang ini namaya kak Siriani Furu. Kakak yang satu ini cenderung pendiam.
   

Nah.. kakak yang satu ini juga dari Kaimana. Namanya mace Bernadheta atau biasa di sapa Ka Mhey. Dia tuh paling sering masak makanan khas Kaimana gitu..
 

Okay! Next I will introduce other person in my group...
Attention please!!!

Kebetulan di posko kita terdapat 3 kamar tidur. Setiap kamarnya terdiri dari 4 orang. Hanya satu kamar saja yang berisikan 2 orang. Untuk ketua sendiri, tidur di ruang tengah. Kamar spesial. Hehe. Uniknya, setiap kamar memiliki passwordnya masing-masing. Ini celotehan yang terlontar dari salah neng Lusiana Dewi dan neng Nelly Anggraeni. mereka berdua yang biasa ceplas-ceplos. Berikut adalah password dari masing masing kamar:
kamar 1 ditempati oleh Isnaeni Fajrin, Sinta Legian Wulandari, Siriani Furu dan Bernadheta passwordnya adalah sarung samarinda ukuran jumbo. Kenapa harus seperti itu?? Karena di depan pintu terdapat tulisan itu.. hahaha
 

 
Kamar 2 ditempati oleh Sarah Aulia, Rima Puspita, Nely Suryati dan Titin Komalasari. Password untuk kamar 2 itu #Bukawartel. Alasannya sih karena mereka berempat ini paling sering menerima telepon ataupun menelepon. Sehingga muncul password tersebut dan membuat tagline juga, Wartelku, Wartelmu, Wartel kita semua...




Selanjutnya adalah kamar 3, nah kamar ini ditempati oleh Lusiana Dewi dan Nelly Anggraeni. password dari kamar ini adalah apa ya?? Saya juga lupa. Hehe 
Keseruan itu tidak hanya itu saja. Hari pertama masih lancar, begitu masuk hari kedua, sanyo ngga nyala. Terpaksa nimba dan antri mandi lebih lama lagi dong.. pas nimba, ada yang dapet harta karun. Mau tahu apa harta karunnya?? Emas? Mahkota? Dunia dongeng banget ya? Hihi. Harta karunnya itu sikat gigi bekas. Haha :D
Sambil nunggu antrian mandi, biasanya kita tuh main kartu UNO. Selain menunggu antrian mandi juga, karena di posko tidak ada TV. Sampai akhirnya Sarah Aulia bawa TV dari kosan. *merci Sarah... Pas ada Moto-GP juga kita nonton di rumah tetangga. Karena ngga mau melewatkan aksinya Pedrosa. Haha *ulahnya Nely Suryati.

Desa Cipareuan itu lumayan luas. Selama sosialisasi keliling kampung aja kita jalan kaki kesana kemari. Naik turun bukit, bisa dikatakan seperti itu. *Percuma bawa wedges juga, ngga akan dipakai. Kita aja pake sendal jepit. Kaki gempor pas nyampe posko.

Salah satu dari program selama KKN itu ada yang namanya Gebyar PAUD khusus desa Cipareuan. Kegiatan itu dilaksanakan di halaman milik salah satu warga di desa yang lokasinya dekat dengan posko. Ada beberapa perlombaan yang kita adakan disana. responnya juga positif. Saat jeda untuk pembagian hadiah, sungguh miris ketika mereka diperdengarkan dengan lagu anak-anak untuk seusia mereka dan mereka tidak ada yang tahu. Sungguh miris melihatnya ketika mereka cenderung hapal lagu boyband.

KKN itu banyak cerita indahnya.. Intinya mah jangan takut duluan sebelum kita menjalaninya. Banyak pengalaman yang kita dapat selama KKN. Kalau judul film mah 40 hari mencari cinta, nah kalau kita mah 40 hari terdampar di negeri orang.. haha 

Foto setelah penutupan KKN di Desa Cipareuan Kecamatan Cibiuk 2012

No comments:

Post a Comment