Wednesday 8 June 2016

Holiday: Goes To Flores

Libur Paskah?? Woa... udah liburan lagi nih! hehe... liburan kali ini saya melancong ke Pulau Flores. Mau tau ke mana saja tempat yang saya kunjungi bersama teman-teman? Stay here and read till the end. Hehe
Rencana berlibur ke Pulau Flores itu sudah ada sejak kami hendak kembali bertugas seusai libur Natal dan Tahun Baru 2015. Ketika rencana itu hendak direalisasikan, terkendala dengan keuangan. Karena uang saku kami tertunda pengirimannya hingga liburan Paskah. Kami berangkat dengan uang pas-pasan dan alhamdulillah Pemprov NTT menyediakan satu kapal fery untuk mengangkut umat katolik yang hendak mengikuti prosesi Paskah di Kota Larantuka, Pulau Flores. Salah satu dari kami mencoba untuk mendaftar ke rumah dinas Gubernur NTT untuk menanyakan kuota dan akhirnya kita dapat berangkat menggunakan kapal tersebut bersama ratusan umat katolik. Modal nekat kami tidak berhenti di sana. Ketika di kapal juga sempat berkenalan dengan salah satu reporter Kompas Tv yang hendak meliput prosesi Paskah di Larantuka. Ketika ditanya mau menginap di mana? Kami masih bingung hendak menginap di mana. 
Perjalanan dari Kupang menuju Larantuka ditempuh dalam waktu 12 jam. Menjelang subuh, saya menemani teman yang hendak melaksanakan solat di musola kapal. setelah itu ada dua orang bapak yang bertanya kepada kami. sepertinya beliau tahu kalau kami baru pertama kalinya ke Larantuka. Beliau bertanya, "ada acara apa ke Larantuka? Adeik-adik dari mana asalnya? Nanti mau menginap di mana selama di Larantuka?" Kemudian kami menjawab, "Kami adalah Guru SM-3T yang ditempatkan di Kabupaten Kupang yang berasal dari Pulau Jawa. Kami hendak liburan Paskah dan melihat prosesi Paskah yang ada di Larantuka dan berlibur ke beberapa kota di Pulau Flores, untuk penginapan kami belum tahu hendak menginao di mana. Meskipun ada teman kami yang bertugas juga di Flores Timur". Setelah obrolan itu, beliau langsung menelepon kerabatnya yang ada di Kota Larantuka untuk mengizinkan kami tinggal di sana selama liburan di Larantuka. Alhamdulillah.. tak henti-henti kami bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh-Nya.
Selama beberapa hari kami di Larantuka, keluarga Abah dan Umi dengan senang hati menerima kami seperti keluarganya. Beliau juga memberi banyak informasi seputar perayaan Paskah dan informasi mengenai kendaraan untuk melanjutkan perjalanan ke kota lain di Pulau Flores. Perayaan Paskah yang saya lihat sangat ramai. Saya sebagai seorang muslim melihat toleransi antar umat beragama yang baik wilayah Nusa Tenggara Timur. Umat Kristiani menjalankan ibadahnya dengan khidmat dan umat non kristiani menjaga keamaan selama berlangsungnya prosesi tersebut. Begitu juga sebaliknya ketika Umat Islam merayakan Idul Fitri, mereka bergantian menjaga keamaan supaya berlangsung dengan khidmat. Ini Indonesia dengan multi Agama, Bahasa, Suku dan Budaya. Indahnya kebersamaan dalam keberagaman. Saya bersyukur dapat berinteraksi dengan mereka dan merasakan tinggal di tengah perbedaan itu.
Okay! Selain melihat prosesi Paskah, kami juga bertemu dengan teman-teman seperjuangan SM-3T penempatan Flores Timur dari LPTK UNTAN dan UNIMA. Ada juga teman-teman dari UNNES yang sedang berlibur juga ke Larantuka. total ada 5 LPTK yang berkumpul dalam rangka liburan dan menjalis silaturahmi, UPI, UNJ, UNTAN, UNIMA dan UNNES... Yeah.. We are Big Family of SM-3T 2014. We also meet up with Abdur Arsyad parent's in his house. 



Perjalanan berlanjut menuju Kota Ende. Yeah... Selama di Ende juga kami menginap di rumah kerabatnya Abah dan Umi. Di Ende kami menuju rumah pengasingan Bung Karno, Taman Perenungan Pancasila, Danau 3 warna. Setelah itu lanjut ke Kabupaten Sikka. terpana dengan hamparan biru laut yang menyejukkan pandangan mata di Pantai Koka, Maumere dan kembali lagi ke Larantuka untuk menunggu kapal fery yang menuju Kupang. Liburan selama 10 hari dengan modal nekat dan keuangan terbatas dapat teratasi. Kami kembali menuju tempat tugas masing-masing dan sampai berjumpa di cerita liburan berikutnya. sebelumnya saya akan memperlihatkan beberapa foto selama berada di Pulau Flores. Bye bye.

taman perenungan pancasila

rumah pengasingan Bung Karno

Danau 3 Warna

Pantai Koka, Maumere




No comments:

Post a Comment