Monday 21 July 2014

NOSTALGIA LAGU ANAK-ANAK TAHUN 90-AN



Kalau teman-teman yang lahir di tahun 90-an pasti kenal dengan penyanyi cilik seperti Sherina, Chikita Meidy, Dhea Ananda, Bondan Prakoso, Kak Ria Enes dan Susan, Saskia & Geovany, Cindy Cenora dsb. Anak-anak sekarang sudah jarang mendengarkan lagu anak-anak. Mereka lebih mengenal lagu dari grup band ataupun boy and girl band. Tidak sengaja melihat deretan kaset dan melihat beberapa kaset yang berisi lagu anak-anak yang dulu sering di dengarkan ketika usia saya 5 tahun. ada beberapa lagu yang masih saya ingat. Setiap mendengarkan lagu-lagu itu seperti nostalgia dengan masa kanak-kanak beberapa tahun silam.


Saya akan menuliskan beberapa penggalan lirik lagu. Semoga ada yang masih mengingatnya.
Mau makan di restoran Padang, bukan berarti harus ke .. Padang
Cukup ada di sini, dekat kita sendiri
Kita tinggal menikmati

Mau makan nasi gudeg.. Jogja
Bukan berarti harus ke .. Jogja
Cukup ada di sini, dekat kita sendiri
Kita tinggal menikmati

Kalau yang ini merupakan lagu qosidah modern dari Cikitha Meidy. Judulnya Pantun Nasehat. Ada yang pernah mendengarnya? Atau sudah lupa? Hehe
Duh cantiknya bertahi lalat
Kalau senyum sangat manisnya
Jangan-jangan lupakan sholat
Iman kuat tak kan tergoda

Berburu kepadang datar
Dapat rusa sebelang kaki
Berguru kepalang ajar
Bagai bunga kembang tak jadi

Lagu-lagu itu sudah jarang terdengar, tidak seperti saat lagu itu terkenal pada masanya. Saat kerinduan melanda, saya memutarnya dalam radio tape. Kadang ada beberapa keponakan yang ikut mendengarkan bersama saya. Supaya mereka terbiasa mendengarkan lagu-lagu sesuai dengan usia mereka.

Suatu hari saya pernah bertanya kepada murid di sekolah, “apakah kalian tahu lagu balon udara, lihat lebih dekat atau persahabatan?”. Sebagian besar menjawab tidak tahu. Itu lagu dari Sherina. Hanya beberapa orang anak saja yang mengetahui lagu itu karena kakak mereka sering memutarnya di rumah. Bahkan ada yang meminta lagu tersebut pada saya setelah jam pelajaran selesai. Anak-anak pada jaman sekarang tidak mengenal lagu seperti itu kalau bukan dari orang tua ataupun kerabat lain yang memperkenalkannya.


2 comments:

  1. Lagu anak kecil yang paling favorit adalah Sherina, yang " Andai Aku Tlah Dewasa . . . " lagunya berkesan liriknya terutama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu mah banyak pilihan lagu anak-anak. ngga kaya sekarang ka. mari kita perkenalkan anak-anak dengan lagu yang sesuai dengan usianya. saya juga suka lagu-lagu yang dinyanyikan oleh sherina :)

      Delete