Monday 24 February 2014

BEHIND THE SCENE: GALANG TANGGUH PRAMUKA 2014



Galang Tangguh Pramuka tahun 2014 Kwarran Purwokerto Selatan akan dilaksanakan di lapangan Karangklesem pada tanggal 1 Maret 2014. Anak didik Pramuka Penggalang tingkat SD dan SMP di Kecamatan Purwokerto Selatan akan mengikuti kegiatan tersebut, termasuk pangkalan yang saya bina sekarang, SD Negeri 3 Teluk.

Berbagai jenis kegiatan yang menjadi mata lomba dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Mulai dari Semaphore, Morse Bendera, Pionering, Pengetahuan Umum, Pengetahuan Kepramukaan, Pengetahuan Agama, Pengetahuan Lalu lintas dan Pengetahuan P3K. Anak-anak terlihat semangat dan bergembira ketika latihan intensif setelah pembelajaran selaesai. Hal itu dilakukan agar tidak mengganggu kegiatan belajar mereka.

Selain itu juga ada mata lomba lainnya, yaitu macam-macam sandi, PBB, Yel-yel, menaksir tinggi, koor Mars Pramuka, Peta Panorama, halang rintang basah, membuat dragbar dan pembalutan (P3K). Dalam Galang Tangguh ini akan diikuti oleh 8 orang anak setiap regunya. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang mengikutinya. Banyak nilai-nilai yang akan mereka peroleh setelah mengikuti kegiatan ini di kemudian hari. karena saya sendiri juga pernah menjadi peserta didik Penggalang seperti mereka.

Latihan secara intensif dan terjadwal setiap harinya. Saya tidak sendiri dalam melatih mereka. Selama latihan dibantu oleh guru-guru yang memiliki kompetensi di bidangnya. Keberhasilan tidak ditentukan oleh satu orang saja, melainkan atas hasil kerjasama tim yang kuat. Latihan sempat terganggu beberapa kali karena ada siswa yang sakit ataupun yang tiba-tiba mengundurkan diri beberapa minggu menjelang lomba. Hal tersebut sempat membuat khawatir beberapa guru, termasuk saya juga.

Hampir sebulan saya membimbing mereka untuk memperdalam pengetahuan kepramukaan. beragam teknik yang dulu saya terima ketika menjadi peserta didik pun saya gunakan kembali dalam melatih mereka. Tak terasa beberapa hari lagi perlombaan itu akan dilaksanakan. Segala usaha telah mereka kerahkan selama latihan. Menang ataupun kalah tidak menjadi masalah. Tetap semangat dan tidak banyak mengeluh!!! 

Berikut ini adalah dokumentasi selama latihan berlangsung. Beberapa foto di ambil oleh Helmi Surya Abimanyu (Abi). Dia adalah wakil pemimpin regu putra atau wapinru.
 bersama Pinru Putra dan Putri (Hasan dan Rima)


diskusi Peta Panorama
 

 Latihan penjelajahan di sawah

menyambung dua tongkat untuk pembuatan menara kaki tiga


menara kaki tiga yang berhasil mereka dirikan selama latihan

setelah pembuatan menara selesai, narsis dulu di depan menara ^-^
(Hasan, Abi, Kak Titin, dan Ade)
 

2 comments:

  1. iya, biasanya kalo tim suka ada halangan gitu dari anggotanya ya, mba. ada yang ijin atau ternyata malah sakit. sukses kegiatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, terima kasih dukkungannya :). cuaca lagi ga menentu juga, jadi ada weh yg sakit :)

      Delete