Wednesday 5 February 2014

CHALK ZONE: WELCOME HOME!!!

Setahun telah berlalu dari penempatan tugas mengajar sebagai guru muda di sekolah dasar di daerah kota Bandung. Saat itu saya masih berstatus sebagai salah satu mahasiswa semester akhir di Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang mengikuti Program Pelatihan Lapangan (PPL). Sekarang kembali lagi ke dunia kapur, tapi konteksnya bukan untuk mewarnai mereka yang putih ataupun hitam. Menebar inspirasi dan membuat mereka nyaman untuk belajar. Kembalinya ke dunia kapur untuk kedua kalinya memberi warna baru yang beragam. Di sini saya banyak menjumpai berbagai karakteristik siswa dengan segala tingkah polah mereka yang kadang membuat saya kesal. Itulah mereka para penghuni dunia kapur yang selalu ceria, tampak manis dan istimewa di hati saya sampai saat ini.

Suara yang terdengar serak dan parau pun masih terdengar di telinga mereka dengan jelas di sela-sela suara mungil yang begitu gaduh seisi ruangan. Adakalanya suara saya harus ekstra keras dari biasanya untuk mengkondisikan mereka yang lalu lalang mengitari ruangan sekedar mengganggu teman yang lainnya ataupun mereka yang asik mengobrol sampai soal-soal yang saya berikan terabaikan hingga bel istirahat berbunyi.

Sambutan di dunia kapur begitu hangat dan ramah. Penuh senyuman serta keceriaan yang mereka bawa. Tertawa lepas seperti tanpa beban. Bukan hanya saya yang memberi inspirasi kepada mereka, tapi mereka jjga yang banyak mengajarkan arti kesabaran dan menahan emosi dalam diri saya sendiri ketika berhadapan dengan mereka yang ‘luar biasa’ susah di atur. Inilah dunia mereka, dunia kapur yang beraneka warna di dalamnya yang selalu memberikan keindahan kepada setiap orang di sekitarnya.

No comments:

Post a Comment