Sunday, 15 December 2013

Inovasi itu yang membedakan antara Pemimpin dengan Pengikutnya

Re-Post dari akun tumblr beberapa waktu lalu :)

Berikut adalah kutipan dari pernyataan yang pernah saya utarakan kepada beberapa teman-teman yang pernah menjadi seorang pemimpin di organisasi yang mereka ikuti.
Pemimpin adalah seorang yang mempunyai inovasi. Pemimpin tidak hanya memiliki ide yang baru atau inovasi semata, tapi juga dapat memimpin orang lain untuk mewujudkan inovasi tersebut.
-Dian Kurniawan. Ketua Dewan Racana IT Telkom Periode 2012

Bila dikaitkan dengan politik, seseorang yang punya jabatanlah yang mengatur segalanya. Termasuk pengikut di dalamnya. Pengikut di sini hanya dapat menuruti apa yang diperintahkan oleh pemimpinnya. Apabila peemimpinnya bersifat demokratis, banyak perubahan yang terjadi bagi pengikutnya. Banyak pembaharuan yang tercapai dari yang sebelumnya. Perubahan dilakukan secara sederhana dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Dengan kata lain, pengikut itu membantu tugas anda sebagai seorang pemimpin.
-Ristu Rustandi, Menteri Departemen Sosial BEM REMA UPI Kampus Cibiru Periode 2012

Menurut saya setiap pemimpin memiliki caranya sendiri dalam memberi sentuhan inovasi dalam suatu organisasi ataupun perkumpulan. Inovasi yang dibawanya untuk menjadikan organisasi tersebut mengalami kemajuan ke arah yang lebih baik dari yang sebelumnya. Sebagus apapun inovasi yang diajukan oleh pimpinan bila tidak mendapat respon yang baik dari pengikutnya juga tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan. jadi harus ada kesinambungan antara pemimpin dengan pengikutnya untuk mewujudkan tujuan bersama.

"Inovasi itu yang membedakan antara pemimpin dengan pengikutnya"

6 comments:

  1. jadi pemimpin itu memang sesuatu deh. bukan sekedar menjadi bos, tapi ada seni dibalik itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pemimpin juga harus mau turun ke bawah (mendekati staf) supaya mengetahui keluhan yg di alami oleh staffnya :). tetap menjaga wibawa juga :)

      Delete
  2. Keren Postingannya :)

    ditunggu kunjungan baliknya ke blog saya http://betagar.cf/
    jangan lupa tinggalin jejak sekalian follow blog saya, nanti saya follow back ^_^

    Terimakasih !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih :)
      baiklah, saya akan berkunjung ke blognya :)

      Delete