Friday 19 December 2014

Bu, hari ini belajar ko?

Foto dari folder Ibu Dina Herawati, S.Pd

"Bu, hari ini belajar ko?" Ada anak-anak yang bertanya seperti itu kepada saya ketika melihat guru yang hadir hanya 3 orang saja. Dua orang guru SM-3T dan satu orang guru SMP Satap Siumolo. Wajar saja mereka bertanya seperti itu pada saya ataupun pada guru yang lainnya. Sebelum guru SM-3T datang di SD Inpres Siumolo, anak-anak datang ke sekolah hanya bermain dan pukul-pukul batu di jalanan depan sekolah. Mereka tidak tahu membaca, menulis dan berhitung. Guru-guru yang mengajar mereka ada yang melanjutkan kuliah, ada juga yang berkebun dan menggembala ternaknya.

Pada tahun 2013, sekolah ini mendapatkan 2 guru SM-3T yaitu ibu Rin rin dan ibu Dina. Beliau membawa perubahan yang positif terhadap anak-anak di sekolah. Anak-anak tidak lagi pukul-pukul batu ataupun bermain di sekitar sekolah. Mereka belajar membaca, menulis dan berhitung. Selain itu, pelaksanaan upacara bendera baru dilaksanakan ketika guru SM-3T bertugas di sana. Menurut penuturan salah seorang tokoh masyarakat, bahwa baru kali ini saya melihat upacara bendera dan mendengarkan suara anak-anak menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Miris sekali rasanya ketika mengetahui hal tersebut. Selama berpuluh tahun sekolah ini berdiri, lagu Kebangsaan jarang terdengar bahkan tak terdengar sama sekali.

Di tahun 2014 ini merupakan tahun kedua di sekolah ini mendapatkan guru SM-3T yang bertugas selama satu tahun. Melihat kondisi seperti itu, saya meneruskan kembali usaha yang telah dirintis oleh rekan guru SM-3T pada tahun sebelumnya dan menambahkan hal-hal baru yang bermanfaat bagi anak-anak di sekolah. Meskipun hanya sedikit guru yang datang mengajar, saya pantang untuk mengeluh dan menyerah untuk memberikan pengetahun baru bagi anak-anak. Rombel kelas dan suara serak tetap saya lanjutkan untuk mengajar mereka. Bagaimanapun juga mereka memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang layak.

Seperti itulah kondisi di Tanah Timor. Sampai berjumpa di cerita selanjutnya ;)

No comments:

Post a Comment