Thursday 2 October 2014

Siumolo Tempatku Mengabdi

Setahun setelah saya lulus kuliah, Saya kembali membulatkan niat untuk Mengajar Anak-Anak di pelosok negeri dengan mengikuti Program SM-3T dari Kemendikbud. Berbekal izin dari orang tua, orang terdekat dan keluarga, saya mendaftarkan diri sebagai peserta SM-3T dari LPTK UPI. Seluruh Rangkaian tes saya ikuti hingga tahap prakondisi Dan diberangkatkan Ke Kupang.

Sesampainya di Kupang, Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang membacakan SK Penempatan Tugas Mengajar. Saya mendapat Tugas Mengajar di SD Inpres Siumolo Desa Tuakau Kecamatan Fatuleu Barat Kabupateb Kupang. Di Sini saya bertugas Bersama Suci Wulan Yuliani, S.Pd selama satu tahun. Tahun 2013, SD Inpres Siumolo untuk pertama kalinya mendapat kuota guru SM-3T yaitu Rin Rin Agustini, S.Pd Dan Dina Herawati, S.Pd. keduanya merupakan Rekan Satu Angkatan Saya di Kampus. Banyak, pengarahan yang mereka berikan kepada Kami sebelum menuju daerah penempatan.

Alhamdulillah sambutan yang saya rasakan begitu hangat. Saya merasa di kampung halaman sendiri meskipun berada di perantauan. Masyarakat di sini mayoritas pemeluk Kristen Protestan. Toleransi antar umat beragama sangat dijunjung tinggi. Walaupun nada suara mereka tinggi, tapi hatinya baik. Di mana Bumi di pijak, di situ Langit dijunjung. Di sini saya harus mengikuti adat yang berlaku. Contohnya memakan sirih pinang ketika datang bertamu. Karena saya tidak makan sirih pinang, jadi saya hanya mengambilnya saja untuk menghormati tuan Rumah. Kalau yang tidak terbiasa memamah sirih pinang, akan merasakan mabuk selama dua hari. Begitu menurut penuturan mama mantan desa.

Siumolo sudah menjadi kampung kedua setelah Jawa. Di sini akan banyak sekali cerita yang terukir dan tidak dapat terlupakan. Selamat mengabdi untuk mencerdaskan Anak Bangsa.

6 comments:

  1. Hm prolog ceritanya bikin menanti :D Keep writing ya Teh :D besok ceritain budaya orang Kupang, makanan mereka, anak-anak SDnya teteh....duh pokoknya semuanya deh Teh :D aku lagi PPL, jadi lagi ngrasain mengesankannya to be teacher :D menikmati mata-mata anak yang penuh binar pesona :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti ada bagiannya tersendiri de. Tunggu aja ya? Maklum baru sempet blogging lagi. Hehe. Mata anak-anak yang berbinar itu tanda mereka haus akan pengetahuan baru. Semangat PPL de. Semoga kamu juga bisa jadi mengikuti program ini meneruskan estafet mengajar anak-anak pelosok negeri

      Delete
  2. teteh :')
    follow blog aku dong. hehe
    doain aku biar bisa sm3t juga ya teeehh... ditunggu cerita berikutnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, neng. Nanti teteh follow. Coba kirim linknya di inbox fb atau mention. Hehe. Teteh ga bisa masuk ke grup blogger cibiru.

      Delete